IBL 2024- Pelita Jaya Libas Pasific Caesar 107-89

Pelita Jaya mengakhiri pertandingan melawan Pasific Caesar dengan kemenangan mutlak 107-89. Skor tiga digit itu kali pertama mereka raih dalam lima laga yang sudah mereka jalani awal musim IBL 2024.

Pada pertandingan yang diselenggarakan di Tennis Indoor Gelora Bung Karno (GBK), pada Rabu (31/1/2024), Pelita Jaya harus mengawali kuarter pertama dengan tidak baik.

Mereka tertinggal 11 poin lebih dulu dari Pasific Caesar. Barulah Malachi Lewis Richardson sukses membuka kran poin klub asal Jakarta tersebut dengan tembakan tiga poinnya.

Pasific membalasnya dengan menambah dua poin, tapi itu tak mengendurkan semangat Andakara Prastawa dkk. Mereka tampil menyerang dan berupaya untuk mengejar ketertinggalan.

Salah satunya dengan kehadiran Brandon Jawato yang mampu memperkecil selisih jarak poin Pelita Jaya dengan Pasific Caesar menjadi empat poin hingga di satu menit terakhir jelang penutup kuarter pertama.

Baca juga: Borneo Hornbills Kalah di Tiga Laga IBL 2024, Pelatih Mundur

Pelita sejatinya punya kesempatan untuk berbalik unggul setelah Agassi Yeshe Goantara sukses mencuri bola dari Pasific. Sayangnya, pebasket dengan nomor punggung sembilan itu gagal mengeksekusi bola dan kehabisan waktu. Kuarter pertama ditutup dengan skor 28-29, keunggulan untuk Daffa dkk.

Memasuki kuarter kedua, Pelita Jaya mengubah susunan pemainnya dengan mengirim Vincent Kosasih, dan Kevin Ornell Chapman MC Daniels, dan Jerome Anthony Beane Jr ke lapangan. Namun, hingga menit ketiga belum ada perubahan kedudukan. Masih 30-31.

Jawato membuat kejutan dengan memasukkan tiga poin ke ring pasific, dan membuat Pelita berbalik unggul 33-31.

Pelita Jaya sukses mempertahankan keunggulan hingga menjelang akhir kuarter kedua. Saudale dan Fahdani Guntara menambah poin bagi Pelita, sehingga kedudukan mereka kini menjadi 53-40.

Kesempatan Pelita menambah dua poin lewat free throw Robinson. Tapi gagal dieksekusi dengan baik setelah bola mengarah ke tiang ring basket. Meski begitu, Pelita tetap unggul 56-42 hingga akhir kuarter kedua.

Baca juga: IBL 2024: Satria Muda Ngamuk di Kandang Pelita Jaya, Bikin 100 Poin

Pelita Jaya terus menjaga keunggulan mereka atas klub asal Surabaya tersebut di kuarter ketiga. Sampai-sampai Pasific Caesar dibuat kesulitan menambah poinnya hingga lima menit pertama.

Mereka baru mendapat tambahan satu poin lewat lemparan bebas Wiggins dari dua kesempatan yang diberikan. Setelah itu, Pasific bisa menambah kepingan angkanya menjadi 60.

Tapi, Pelita Jaya lebih tampil trengginas. Robinson menjadi pemain terakhir yang mencetak dua angka di akhir kuarter ketiga bagi Pelita Jaya dan membuat kedudukan timnya menjadi 81-60 atas Pasific.

Di penutup kuarter, Pasific berupaya bermain lebh agresif. Namun, selisih jarak yang jauh 10 bola membuat Pratama dkk harus lebih bekerja keras.

Dua lemparan bebas Hurt yang menghasilkan angka sedikit memangkas ketertinggalan Pasific dari Pelita.

Tapi dari situ, Pelita justru membalas dengan tambahan dua poin dari Daniels. Pelita menjauh di 92 angka atau unggul 25 poin dari Pasific.

Agashi membuat Pelita menembus skor tiga digit atau 101 untuk kali pertama sepanjang mereka menjalani perhelatan IBL 2024.

Guntara lantas melengkapinya dengan lemparan tiga poin membuat Pelita semakin tak terkejar menjelang penutup kuarter keempat menjadi 104.

Pelita Jaya pun mengakhiri laga dengan kemenangan 107-89 atas Pasific Caesar di laga lanjutan pekan keempat IBL 2024.

Baca juga: Kisah Fans Gowes Jakarta-Semarang Demi Nonton Hangtuah