Menhan Prabowo Subianto Buka Puncak Haornas 2023 ke-40

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto secara resmi membuka puncak acara Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-40 yang berlangsung di Jakarta Internasional Velodrome, Jakarta, pada Sabtu (9/9/2023).

Prabowo yang mewakili Presiden RI Joko Widodo, mengatakan peringatan Haornas tahun ini diharapkan menjadi momentum kebangkitan olahraga nasional.

“Selamat Haornas ke-40 2023, semoga peringatan ini jadi moentum kita untuk membangun bangsa Indonesia dan semangat bangsa. Sesuai tema Gelanggang Semangat Pemenang, maka bangsa ini diharapkan menjadi bangsa pemenang tak kenal menyerah, tidak malas, dan tak berhenti berlatih berlatih untuk capai kemenangan dan keberhasilan,” kata Prabowo dalam sambutannya.

“Pemenang punya sifat karakter yang kuat, pribadi yang kuat, pribadi tahan banting, berani. Hanya orang berani bisa jadi pemenang. Hanya orang berani bisa berdiri lagi setelah dia terbanting di arena. Oleh karena itu setiap upaya membangun olahraga harus kita dukung bersama dan bawa ke arah yang lebih tinggi,” ujarnya.

Baca juga: Menpora SIM Racing Championship 2023 Hadir

“Saya sendiri telah terlibat di olahraga terutama beladiri. Sejak muda saya mendalami pencak silat, saya juga ikut judo, karate. Saya juga penerjun bebas, dalam pembinaan terus saya menjadi pengurus pencak silat, sampai sekarang masih menjadu pembina pencak silat. Jadi saya mohon anak-anak muda bisa mengganti saya, harus ada regenerasi, kita menunggu pemuda untuk tampil dan membawa bangsa ini menjadi bangsa pemenang.”

Prabowo juga menegaskan bahwa olahraga pada era kini memiliki potensi besar tak hanya mencerminkan keberhasilan internasional, sekaligus juga mendongkrak sektor ekonomi.

“Karena itu, melalui Kemenpora dan jajarannya terus mendukung menata, mengelola dengan manajemen baik agar memperkuat ekonomi dan semangat kebangsaan. Dengan demikian, prestasi olahraga Indonesia mulai meningkat. Kita adalah negara keempat terbesar di dunia.”

Baca juga: Anggaran Asian Games 2023 Sudah Cair, Sekitar Rp 60 Miliar

“Untuk itu, olahraga jangan dianggap hal kedua atau ketiga dalam pembangunan bangsa. Tapi olahraga harus menjadi prioritas dalam jiwa suatu bangsa. Karena itu kita terus dukung atlet dalam upaya-upaya pembinaan,” Prabowo mengharapkan.

Haornas 2023 ke-40 selain dihadiri oleh Menhan Prabowo dan Menpora Dito Ariotedjo, juga dihadiri Kapolri Lystio Sigit Prabowo, Ketua Umum KONI Pusat Marciano Norman, Ketua Umum Komite Olimpiade Indonesia Raja Sapta Oktohari, perwakilan gubernur dan bupati, serta pengurus atau induk cabang olahraga, pelatih, serta atlet dari seluruh cabang olahraga Indonesia.

Setelah pembukaan, Haornas juga direncanakan akan memberi penghargaan kepada para pelaku olahraga berprestasi, dan mengenalkan jersey resmi Tim Indonesia yang akan tampil di Asian Games 2023 Hangzhou, 23 September sampai 8 Oktober.